728x90 AdSpace

Latest News

Monday, October 10, 2016

[Ulasan] MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies

Assalamua'aikum wr. wb.

Apa kabar JurnalReader? Sudahkah kalian bangun dari masa lalu yang menyakitkan? :')
Saya yakin kalian sudah dapat berbagai informasi baru akhir-akhir ini. :D
Kali ini ada tulisan selanjutnya dari saya..., Woh! Ulasan game pertama kali di JurnalFA!!! T_T

Langsung to the point saja, ini dia MegaTagmension Blanc + Neptune vs Zombies!

MegaTagmension Blanc + Neptune vs Zombies atau (激次元タッグ ブラン+ネプテューヌVSゾンビ軍団), Geki Jigen Tag Blanc + Neptune vs Zombie Gundan, adalah game yang dirilis untuk PSVita yang sudah bisa kita mainkan di PC masing-masing sekarang. Game ini merupakan cerita spin-off dari Hyperdimension Neptunia yang diperankan oleh Blanc sebagai tokoh utamanya.

Ceritanya berbeda sekali dari game-game sebelumnya. MegaTagmension Blanc+Neptune vs Zombies ini berlatar belakang di dunia yang berbeda. Para Megami-sama atau CPU ini pergi ke sekolah untuk mempelajari keseharian manusia. Awal dari ceritanya adalah dari Klub Film yang ingin membuat film untuk menyelamatkan sekolahnya "Gamicademi" yang terancam akan ditutup. Klub Film yang dipimpin oleh Neptune mencari seorang penulis naskah untuk filmnya yang rencananya akan bertema "Zombie".

Blanc yang sedang membaca buku- Eh nanti dulu..., Blanc disini merupakan siswa kelas 3 SMA yang suka membaca dan menulis sebuah buku. Karena sebentar lagi dia akan lulus dia berniat untuk fokus dengan mimpinya. Memenangkan 'Raigeki Book's Newcomer Award' dengan buku yang ia tulis sendiri! Itulah impian dari seorang Blanc disini.

Nah, saat Blanc tengah membaca buku sambil memikirkan masa depannya tiba-tiba terdengar suara Ram dan Rom, ya, kedua adiknya. Mereka kenapa?? Ternyata diserang ZOMBIE!!
*ampun om zombie

Blanc lekas berlari menuju mereka, sambil bertanya-tanya kenapa ada zombie di sekolahnya? Tapi keselamatan kedua loli adiknya lebih penting daripada alasan mengapa bisa ada zombie. Disinilah kalian pertama kali bertarung dalam gamenya.

Seusai mengalahkan zombienya, Blanc menanyakan keadaan kedua adiknya itu. Bukannya terimakasih yang diucapkan, Ram dan Rom malah menyalahkan Blanc karena sudah mengagalkan acting mereka yang sudah bagus. Ya, mereka lagi shooting! Kasihannya Blanc, bukannya dapat terimakasih, adiknya malah khawatir sama zombienya.

Begitulah cerita awalnya, yang kemudian dilanjut dengan Neptune yang meminta Blanc untuk menulis naskah serta menyutradarai filmnya. Yang tadinya Blanc menolak, setelah dia berpikir kalau ini semua ada kaitan dengan impiannya untuk menjadi penulis terkenal. Blanc berubah pikiran karena ia pikir dirinya bisa terkenal dengan film yang ia sutradarai.

Uh.. habis banyak cuma buat cerita awal yah..
Oke, saya mulai saja mengulasnya. Pertama.
  • Desain Karakter khas Tsunako!
Hmm, desain karakternya yah? Ini Compile Heart lho.., enggak perlu diragukan =D
"Pandangan pertama itu paling berkesan." Iya enggak? Dilihat aja enak apa lagi dimainin.. Game lho, game...! Compile Heart mampu menciptakan karakter yang berkesan dan apabila kita lihat siluetnya, kita akan tahu siapa karakter tersebut.

Melihat para CPU dibalut dengan seifuku mereka memang jadi daya tarik tersendiri. Blanc yang biasanya tak terlihat begitu mencolok sehingga kita tidak tahu apa yang sebenarnya ia pikirkan saat bersama teman-temannya. Berkat game ini, Blanc lebih terlihat hidup.

Faktornya mungkin, pertama karena dia sebagai pelaku utama yang tiap-tiap dialog/monolognya pasti ditampilkan. Kedua, kembali lagi pada desain, game ini menyediakan karakternya menggunakan seragam sekolah, saya pikir itu juga faktor mengapa penekanan karakter bisa lebih terasa. Seifuku memang punya kekuatan aneh ya?
The smile that I wanna protect *dor

Jadi kunci dari menariknya desain karakter adalah bagaimana seseorang bisa membuat karakter tersebut enak dipandang saat pertama kali. Pewarnaan, shading dan efek yang baik apabila dipadukan dengan karakter yang berkesan manis akan menciptakan suasana yang nyaman ketika kita memainkan gamenya.

  • Jalan Cerita yang Simple but Laughable
Plot merupakan hal yang juga penting dalam sebuah game terutama RPG. Jalan cerita untuk seri MegaTagmension BlancNeptune vs Zombie ini terkesan sederhana di awal, cerita anak SMA yang membuat film dengan zombie.., dibumbui dengan candaan dan humor yang paling tidak bisa membuat kita tersenyum.

Tidak sedikit sebenarnya, adegan yang berisi candaan para karakternya. Salah satu yang menarik adalah pada saat Peashy berubah menjadi Yellow Heart untuk ikut serta dalam pengambilan film.
*yang tegar ya, kalian berdua...

Sejauh saya bermain ada beberapa plot twist yang saya sudah alami dan entah bagaimana ke depannya. Saya berharap bisa dikejutkan oleh sesuatu lagi yang bisa membuat saya berkata "Wah!" atau mungkin tertawa kecil melihatnya :'D
  • Gameplay
MegaTagmension Blanc + Neptune vs Zombie merupakan game Action RPG. Tidak seperti beberapa game Neptune lainnya yang menggunakan sistem Turn-based RPG. Seri ini bisa kita mainkan secara offline dengan mengikuti cerita (story) dan juga secara online (multiplayer).

Untuk mode offline mungkin tidak ada masalah dalam penerapannya. Tapi apabila kita mencoba mode Multiplayer menurut saya masih ada masalah. Saat akan mencari room untuk bermain bersama kadang terjadi crash yang jujur membuat saya takut untuk mengklik mode itu lagi. Beberapa masalah juga terjadi seperti layar hitam atau perihal 'not responding' pada saat memainkan mode ini.

Nah salah satu fitur yang lumayan menarik dan menghibur dari game ini yaitu Accessories Customization-nya. Pemain bisa memasangkan aksesoris yang dapat dibeli di toko. Menariknya lagi, aksesoris yang akan kita pasang dapat diposisikan, diperbesar maupun diperkecil, dan diatur sudutnya sesuai keinginan kita.
*beri saya pelajaran, Purple Heart-sama!

Untuk kamu yang tidak suka game yang lama dan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Atau kamu yang bermain game hanya sebagai pelepas stres maupun hanya sekedar bersenang-senang saja, MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies ini sangat pas buatmu lho! Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?
[Ulasan] MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Top